Snorkeling di Togean

Togean explore adalah travel agent  melayani  Paket Tour Wisata khusus ke Togean. Berpengalaman dan melayani wisatawan baik dalam negeri ataupun wisatawan asing. baik perorangan, instansi, organisasi maupun pasangan bulan madu. Kami juga melayani Tradisional Trip, Diving Trip, Bird Watching, Caving, dan Pengamatan Satwa Endemik dan Gunung Berapi dan lain sebagainya yang semua tersedia lengkap di Taman Nasional Kepulauan Togean sehingga telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia ke-16 di Indonesia.

 
Snorkeling
 
Berbeda dengan scuba dving yang menuntut begitu banyak peralatan dan relatif mahal serta harus memiliki ketrampilan khusus, untuk dapat melakukan snorkeling cukup sederhana saja, yang paling penting adalah bisa teknik dasar berenang, peralatan dan perlengkapannya juga tidak terlalu banyak yakni : (1). Masker untuk melindungi mata dan hidung dari kemasukan air, (2). Snorkel alat bantu untuk bernafas melalui mulut dan (3). Fin atau kaki katak untuk menambah kecepatan dan gerakan kaki dalam meluncur di air. Untuk melakukan snorkeling pun tidak dituntut harus mempunyai sertifikat selam, asal saja saat bersnolkeling tetap harus didampingi oleh pasangan kita, artinya walaupun hanya dipermukaan tetap tidak boleh sendirian. 
 


Tapi, biasanya hanya dengan skin diving atau snorkeling saja, orang tidak cukup puas menikamati keindahan panorama bawah laut tersebut, karena hanya dengan mengapung dipermukaan keindahan yang dapat disaksikan terbatas, hanya sebagian kecil yang dapat dinikmati, misalnya yang dapat disaksikan hanya ikan-ikan kecil dan beraneka ragam terumbu karang jenis perairan dangkal saja yang dapat disaksikan. Padahal jauh dibawahnya lagi masih banyak yang tersembunyi.
 
 
Ditemani oleh Dive master diving (katakanlah seperti itu) saya mulai melihat keindahan bawah laut sebenarnya. disekitar kedalaman 10 meter Disini untuk pertama kalinya saya lihat Ikan pari dewasa dan ikan pari bayi, gerombolan ikan warna-warni, kemudian koral, anemon yang beracun, ikan terompet, kemudian belut laut yang naik lewat lubang di koral secara harmoni. Pada titik ini saya cuma bisa bilang tidak sia-sia pengorbanan ini untuk melihat keindahan ini. Tubuh kita seperti melayang bersama ikan-ikan itu dalam suatu gerakan yang harmoni. Ada lion fish yang tidak boleh disentuh karena beracun, ada ular laut juga. There’s a world down there and it’s AWESOME. Di sini saya mulai bisa control buoyancy, mulai bisa mengapung dan hovering tanpa banyak gerakan yang menghabiskan tenaga. Kita turun sampai kedalaman kurang lebih 15 meter, batas kedalaman untuk open water diver pemula seperti saya dan suasana di bawah indah sekali. Karena kedalamannya saya tidak bisa memegang kamera (mungkin agak gugup awalnya, kemudian kita naik ke kedalaman 5 meter selama 3 menit untuk menjaga supaya tetap dalam level no decompression limit, kemudian naik ke permukaan. Equalizing sangat perlu supaya hidung dan telinga kita tidak sakit.
 
Jika ditanya apakah saya sudah puas dengan pengembaraan alam terbuka, saya pastikan jawabannya saya tak akan pernah puas menikmati keindahan alam lainnya baik didarat, dasar laut ataupun luar angkasa mungkin 😀
 
salam bahari…!

Wisata Ke Togean

Saya ingin menceritakan perjalanan wisata ke kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah 😀
Banyak orang bertanya-tanya kenapa sih jauh banget nih tempat? apa sih istimewanya? ntar aku ceritain yah
 
Sekedar menceritakan sedikit tentang perjalanan menuju Taman Nasional Kepualauan Togean ditempuh dengan menggunakan pesawat udara, darat dan laut (lengkap) dari Jakarta ditempuh dengan menggunakan pesawat udara dengan tarif bervariasi kurang dari 2 juta rupiah  lama perjalanan di Udara ditempuh dengan waktu 1 jam 45 menit.
Tiba di Bandara Mutiara Palu dilanjutkan dengan menyewa taksi bandara menuju agen travel “togean indah” tarif kurang lebih 150 ribu rupiah.
Biasanya Travel “togean indah” cuma mempunyai jadwal pemberangkatan 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari jam 8 dan sore hari jam 15 sore dengan tarif sekali jalan sebesar 150 ribu rupiah. Dengan kondisi tersebut bayak wisatawan yang memilih jadwal keberangkatan pagi dari Bandara Soekarno Hatta sehingga tiba di Bandara Mutiara Palu siang hari dan dilanjutnkan memilih travel sore (kalo tidak seperti itu berarti harus menginap semalaman di Palu)
Perjalanan dari Palu menuju Ampana dapat ditempuh selama 9-12 jam dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok (apalagi ketika melewati gunung kebun kopi).
Tiba di Ampana kami memilih alternatif untuk menggunakan kapal fery penyebrangan KM Tuna Tomini dengan tujuan Ampana – Wakai – Gorontalo. Jarak tempuh Ampana – Wakai memakan waktu kurang lebih 5 jam dengan tarif 80.500 rupiah persekali perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Selamat datang di togeanexplore.com cukup tekan tombol ini jika anda perlu bantuan!
Kami siap membantu?