Trip ke Habitat Monyet Togean

admin 18/03/2020 0

Sepintas Perjalanan kali ini, tamu kami seperti main bersembunyi-sembunyi ala anak-anak tahun 90an. Yap, pagi itu, sebelum matahari terbit di ufuk barat, tamu kami dari Komunitas Pencinta Satwa melakukan pengintaian dan pengamatan terhadap satwa endemik yang hanya satu-satunya ada di Dunia ini. 

Macaca togeanus atau dalam bahasa lokalnya monyet togean atau monyet fonti merupakan sub spesies dari monyet bonti yang di penyebarannya hanya ditemui di Pulau Malenge Kepulauan Kabupaten Tojo Una-una. Merupakan satu gugusan pulau yang terletak disebelah utara Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Ciri morfologis monyet togean yaitu bagian kaki dan tangannya berwarna putih, kepala berjambul, pada pipi muka ditumbuhi rambut, warna kulit hitam, rambut yang tumbuh disisi muka berwarna kecokelatan, rambut dibawah leher berwarna abu-abu terang hingga keputihan dengan panjang tubuh antara 502 – 584 mm, panjang ekor 40 – 50 mm serta berat tubuh jantan dan betina hampir sama 10 – 12 Kg.

Monyet Togean dapat dikenali dari suaranya pada saat menjelajah, individu jantan seringkali mengeluarkan suara lemah dan bergetar (pi…pi…pi…) dan terulang-ulang, bila merasa terancam suara yang dikeluarkan akan lebih keras.

Perjalanan kami subuh ini, adalah sesuai dengan jadwal yang kami rencanakan. Pengamatan monyet ini memang layaknya dilakukan pada saat sebelum matahari terbit atau pada saat matahari tenggelam. Hal ini dilakukan agar kelompok monyet itu melakukan kegiatan “istirahat” di pohon induk yang mereka telah tandai dan kenali. Pohon-pohon ini berjenis pohon besar sehingga perlu menggunakan teropong atau lensa tele untuk melihat dan mengabadikan secara langsung di alam.

Pengalaman ini tentunya tidak akan didapatkan ditempat lain, selain spot-spot atau titik “rumah” monyet ini yang harus dilakukan oleh orang berpengalaman dan memiliki pengetahuan juga keunikan morfologis dan tingkah laku si monyet yang bagi sebagian orang merupakan hal yang luar biasa pada pengalaman hidup mereka. Togean Explore mampu membuat mereka pencinta dan pengamat spesies endemik itu untuk mewujudkannya.

"Monyetnya dapat walau sempat dag dig dug juga sih. Terima Kasih Team Togean Explore"
Husni L.N
Pencinta Satwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Selamat datang di togeanexplore.com cukup tekan tombol ini jika anda perlu bantuan!
Kami siap membantu?